Kalian tahu April Mop? Tentu saja! April Mop adalah hari dimana orang-orang diperbolehkan menipu dan berbohong kepada orang lain. Tapi.....tahukah kalian apakah April Mop itu sebenarnya?




SEJARAH APRIL MOP


sebenarnya, Aprl Mop adalah sebuah perayaan hari kemenangan atas dibunuhnya ribuan umat Islam Spanyol oleh tentara salib yang dilakukan oleh tentara salib yang dilakukan lewat cara-cara penipuan. Sebab itulah, mereka merayakan April Mop dengan cara melegalkan penipuan dan kebohongan walau dibungkus dengan dalih sekedar hiburan atau iseng belaka.

Biasanya orang akan menjawab bahwa April Mop adalah hari di mana kita boleh saja meniou teman, orangtua, saudara, atau lainnya, dan sang target tidak boleh marah atau emosi ketika sadar bahwa dirinya telah menjadi sasaran April Mop.

Perayaan April Mop berawal dari suatu tragedi besar yang menyedihkan dan memilukan. April Mop berawal dari satu episode sejarah Muslim Spanyol di tahun 1487 M.




Sejak dibebaskan Islam pada Abad ke-8 M oleh Panglima Thariq bin Ziyad, Spanyol berangsur-angsur tumbuh menjadi satu negeri yang makmur. karena sikap para penguasa Islam yang begitu baik dan rendah hati, banyak orang-orang Spanyol yang kemudian dengan tulus dan ikhlas memeluk Islam. Muslim Spanyol bukan saja beragama Islam, namun sungguh-sungguh mempraktikkan kehidupan secara islami. Mereka selalu membaca Al-Qur'an, dan selalu berkata tidak untuk musik, bir, dan pergaulan bebas. keadaan tenteram seperti itu berlangsung hampir enam abad lamanya.

selama itu pula kaum kafir tanpa lelah terus berupaya membersihkan islam dari Spanyol, namun selalu gagal. namun, akhirnya mereka menemukan cara untuk menaklukkan islam, yakni dengan pertama-tama melemahkan iman mereka melalui jalan serangan pemikiran dan budaya. Lama-kelamaan upaya ini membuahkan hasil. Akhirnya Spanyol bisa dikuasai oleh pasukan salib.

penyerangan oleh pasukan salib benar-benar dilakukan dengan kejam. Tidak hanya pasukan Islam yang dibantai, tetapi juga penduduk sipil, wanita, anak kecil, dan orang tua.

Granada adalah daerah terakhir yang ditaklukkan. penduduk-penduduk Islam di Spanyol terpaksa berlindung di dalam rumah untuk menyelamatkan diri. Tentara salib mengetahui bahwa banyak muslim Granada yang masih bersembunyi di rumah-rumah. Dengan lantang tentara salib meneriakkan pengumuman, bahwa para muslim Granada bisa keluar dari rumah dengan aman dan dperbolehkan berlayar keluar Spanyol dengan membawa barang-barang keperluan mereka.

Orang Islam masih curiga dengan tawaran ini.Namun beberapa dari orang Muslim diperbolehkan melihat sendiri kapal-kapal penumpang yang sudah dipersiapkan di pelabuhan. Setelah benar-benar melihat ada kapal yang sudah disediakan, mereka pun segera bersiap untuk meninggalkan Granada dan berlayar meninggalka Spanyol.

keesokan harinya, ribuan penduduk Muslim keluar dari rumah mereka, beriringan menuju pelabuhan. Beberaoa orang islam yang tidak memepercayai pasukan salib, memilih bertahan dan bersembunyi di rumah mereka.

setelah ribuan umat Islam Spanyol berkumpul di pelabuhan, dengan cepat tentara salib menggeledah rumah yang telah ditinggalkan penghuninya. Lidah api terlihat menjilat-jilat angkasa ketika mereka membakari rumah-rumah tersebut bersama orang-orang Islam yang masih bertahan di dalamnya.

sedang ribuan umat Islam yang tertahan di pelabuhan, hanya bisa terpana ketika tentara salib juga membakar kapal-kapal yang dikatakan akan mengangkut mereka keluar dari Spanyol. Kapal-kapal itu dengan cepat tenggelam. Ribuan umat Islam tidak bisa berbuat apa-apa karena sama sekali tidak bersenjata. Mereka juga kebanyakan terdiri dari para perempuan dengan anak-anaknya yang masih kecil-kecil.

Dengan satu teriakan dari pemimpinnya, ribuan tentara salib segera membantai umat Islam Spanyol. Jerit tangis dan Takbir membahana. Seluruh Muslim Spanyol di pelabuhan itu habis dibunuh dengan kejam. laut yang biru telah berubah menjadi merah kehitam-hitaman oleh darah orang Muslim Spanyol.

Tragedi ini bertepatan pada tanggal 1 April. inilah yang kemudian diperingati oleh dunia Kristen setiap tanggal 1 April sebagai April Mop. bagi umat Kristiani, April Mop merupakan hari kemenangan atas dibunuhnya ribuan umat Islam oleh tentara salib lewat cara penipuan. Sebab itulah, mereka merayakan April Mop dengan cara melegalkan penipuan dan kebohongan walau dibungkus dengan dalih hiburan atau keisengan belaka.

Bagi Umat Islam seperti saya, April Mop tentu merupakan tragedi yang sangat menyedihkan. Hari dimana ribuan saudara kita yang se-iman disembelih dan dibantai. Sebab itu, sangat tidak pantas juga ada orang Islam yang turut merayakan April Mop.  Siapapun orang islam yang turut merayakan April Mop, maka ia sesungguhnya tengah merayakan ulang tahun pembunuhan massal ribuan saudaranya di Granada, Spanyol, 5 abad silam.

3 Responses so far.

  1. Hiks! Ternyata.....

  2. yani says:

    afiiiii, blognya kereeeeen :DDDD

  3. Afi says:

    Yaniii...terima kasihhhhh

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...